Diet Mediterania

Posted by: ratih  :  Category: Macam-macam Diet

Diet Mediterania (Diet ala Timur Tengah)

Apakah anda saat ini sedang mencari informasi tentang diet yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung??? Nah, tak ada salahnya jika anda mencoba diet mediterania.

Mengapa dinamakan diet mediterania???

Diet mediterania diciptakan berdasarkan makanan yang disantap penduduk di negara-negara Eropa selatan, Afrika utara dan Timur tengah yang berbatasan langsung dengan laut Mediterania. Para ahli percaya penduduk di wilayah tersebut berumur panjang, minim risiko gangguan jantung dan terhindar dari kadar kolesterol yang tinggi karena makanan yang mereka konsumsi. Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa diet ala Timur Tengah yang dilakukan selama tiga bulan bisa mengurangi risiko gangguan jantung hingga 15 persen.

Apakah keunggulan diet mediterania ini???

Diet Mediterania atau Timur Tengah ini terdiri dari konsumsi makanan kaya biji-bijian, buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan dan minyak zaitun dalam jumlah sedang bisa membantu mengurangi risiko gangguan jantung. Hal tersebut telah dilakukan penelitiannya yang diketuai Dr. Denis Lairon dari Faculty of Medicine Timone Marseille Prancis yang dicatat di American Journal of Clinical Nutrition.

Jika anda benar-benar menerapkan diet ini, maka manfaat yang anda dapatkan adalah tubuh anda dapat memiliki waktu untuk memproses makanan yang masuk dengan maksimal. Hal ini dikarenakan Penduduk di Mediteranian dikenal mempunyai kehidupan sosial yang erat, baik dengan keluarga maupun teman. Oleh karena itu, saat makan adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama sambil bercengkrama, sehingga mereka terbiasa untuk menyantap makanan dengan perlahan.

Bagaimana aturan main Diet Mediterania???

Diet ini sangat menganjurkan bagi para pelakunya untuk hanya mengkonsumsi makanan segar, dan menghindari daging merah, telur dan gula. Sumber lemak dalam diet ini didapat dari minyak zaitun, kacang polong dan minyak ikan sementara produk dari susu seperti keju hanya dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Diet ini juga menyarankan anda untuk mengkonsumsi anggur merah.

Mengapa Diet Mediterania dapat mengurangi resiko gangguan jantung???

Berdasarkan aturan main dalam diet mediterania, maka dapat disimpulkan bahwa diet ini memang dapat mengurangi resiko gangguan jantung, hal ini berhubungan dengan:

  • Anggur merah yang disarankan dalam diet ini mengandung polyphenols yang terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol
  • Sayur-sayuran yang terdapat dalam diet mediterania mengandung antioksidan dan betacarotene yang keduanya bisa menurunkan risiko serangan jantung dan memperkecil risiko kanker paru-paru

Tomat yang menjadi salah satu makanan pokok dalam diet mediterania mengandung lycopene yang terbukti mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker

Share

Artikel yang terkait

Artikel yang terkait

Leave a Reply